Sunday, October 13, 2013

MATERI IMUNISASI TT PADA IBU HAMIL



A.      Pengertian Imunisasi TT
Imunisasi TT Pada ibu Hamil adalah upaya yang dilakukan untuk memperoleh kekebalan pada ibu hamil terhadap infeksi tetanus yaitu dengan menyuntikan vaksin tetanus toxoid

B.       Tujuan pemberian Imunisasi TT
1.      Memberikan kekebalan pasif kepada ibu hamil terhadap tetanus, karena vaksinasi selama hamil juga ikut membantu bayinya menghindari tetanus selama beberapa minggu setelah lahir.
2.      Mencegah terjadinya penyakit tetanus pada ibu saat hamil, bersalin dan nifas
3.      Melindungi bayi baru lahir dari tetanus neonatorum misalnya akibat infeksi tali pusat pada proses persalinan

C.      Jadwal pemberian Imunisasi TT
TT1               : Diberikan pada kunjungan awal/ Trimester I
TT2               : 4 Minggu setelah TT1  perlindungan 3 tahun
TT3           : 6 Bulan setelah TT2  perlindungan 5 Tahun
TT4           : 1 Tahun setelah TT3  perlindungan 10 Tahun
TT5           : 1 Tahun setelah TT4 perlindungan 25 Tahun

D.      Interval Pemberian imunisasi TT
Pemberian imunisasi TT pada ibu hamil adalah 2 kali dengan selang waktu pemberian minimal 4 minggu
1.      Apabila sebelumnya ibu telah mendapatkan imunisasi TT pada masa calon pengantin, maka imunisasi TT cukup diberikan 1X saja.
2.      Bila ibu belum pernah TT atau masih ragu, perlu diberikan TT sejak kunjungan 1 sebanyak 2x dengan jadwal minimal 1 bulan atau 4 minggu.
3.      Apabila pernah menerima TT 2 kali pada kehamilan terdahulu dengan jarak kehamilan tidak lebih dari 2 tahun, maka TT cukup di berikan 1 kali.(TT ulang)pada kunjungan kehamilan yang pertama.

E.       Tempat penyuntikan Imunisasi TT
Imunisasi TT di berikan selama masa kehamilan pada 1/3 lengan kiri atas bagian luar dengan dosis 0,5 cc.

F.       Efek samping penyuntikan
Nyeri, kemerahan, bengkak selama 1- 2 hari pada tempat penyuntikan.

G.      Cara mengatasi efek samping
Kompres dengan air hangat pada tempat penyuntikan.

H.      Akibat bila imunisasi TT tidak diberikan pada ibu hamil.
1.      Meningkatkan resiko terjadinya penyakit tetanus pada ibu hamil bila terluka
2.      Meningkatkan resiko terkadinya tetanus neonatorum pada bayinya

I.         Tempat pelayanan untuk mendapatkan Imunisasi TT
1.      Puskesmas
2.      RB
3.      BPS
4.      RS

16 comments:

  1. .mbak rizky saya copi materinya yaa....

    ReplyDelete
    Replies
    1. mao tanya dong mba
      misalkan kita sebagai bidan memberikan vksin TT pada hamil setelah memberikan obat tersebut apa yang harus kita saran kan kpda ibu tersebut agar ibu bisa memahami dan mengerti tentang imunisasi TT

      Delete
  2. pada penyuntikan imunisasi TT selain di bagian 1/3 lengan atas luar, bisa tidak dilakukan penyuntikan pada bagian tubuh yang lainnya?? terimakasih, mohon dijawab :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa. namun lebih baik disuntikkan di sepertiga lengan atas, dikarenakan di sepertiga bagian lengan atas jarang terdapat pembuluh darah. guna mengantisipasi masuknya vaksin ke pembuluh darah apabila disuntikkan di bagian tubuh yang lain.

      Delete
  3. Tanya donk mba..pada kehamilan kedua ini usia 6minggu saya disuntik TT, saya lupa ternyata di kehamilan pertama sbelumnya saya sudah vaksin TT 2x karena terjadi kurleb 4 tahun yang lalu (anak pertama skrg umur 4,1th) apakah ada efek buruknya bagi ibu dan debaynya?? mohon pencerahannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo saat hamil sekarang d suntikTT lagi tidak masalah,
      Pada kehamilan pertama ibu dewi baru suntik TT 2x, yang artinya perlindungannya 3 tahun, dan saat ini ibu hamil lagi dengan jarak kehamilan ibu lebih dari 3tahun, jadi ibu sebaiknya mengulang suntik TT dari awal... semangat ibu untuk menjalani kehamilannya....

      Delete
  4. Maaf mb mau bertanya, kalau ibu hamil pd saat calon pengantin blm prnh disuntik TT maka suntikan TT yg diberikan pd saat khamilan pertama itu merupakan TT yg keberapa?

    ReplyDelete
  5. Mau tanya dong, kan kaka saya lagi hamil, kehamilan yang ke tiga itu di imunisasi TT lagi ga yaa, soalnya jarak kehamilan sama sama anak yang ke 2 itu 6 tahun, itu di imunisasi dari awal lagi atau lanjut ke imunisasi TT4, soalnya TT3 udah disuntik pas anak kedua.bantuu jawab yaa

    ReplyDelete
  6. Mau tanya dong, kan kaka saya lagi hamil, kehamilan yang ke tiga itu di imunisasi TT lagi ga yaa, soalnya jarak kehamilan sama sama anak yang ke 2 itu 6 tahun, itu di imunisasi dari awal lagi atau lanjut ke imunisasi TT4, soalnya TT3 udah disuntik pas anak kedua.bantuu jawab yaa

    ReplyDelete
  7. trimaksih sebelumnya karena telah bersedia menulis materi ini yang sangat bermanfaat tentunya,
    saya perawat dan saya ingin memperdalam ilmu imunisasi ini,
    Ada beberapa pertanyaan yang akan saya ajukan, saya berharap anda bersedia memberikan jawaban.
    1. apakah tidak ada hubungannya imunisasi dasar yang telah di dapat saat balita sampai anak2 dengan imunisasi pada ibu hamil? bila seorang anak mendapatkan imunisasi TT secara lengkap maka sudah mendapatkan TT lebih dari 5 kali (4 kali dari 0 bln- 3 th dan beberapa kali saat usia sekolah saya belum faham, saya bukan petugas puskes. apa ini tidak ada kalitannya sama sekali, atau bagaimna?

    2. kalau melihat dari uraian di atas, bagaimanakah sebaiknya pemberian TT ini jika ingin mendapatkan kekebalan seumur hidup, mis: seorang ibu mendapat TT pada akhir trimester 1 artinya 4 minggu kemudian mendapatkan TT 2 pada usia kandungan 4 bulan, lalu 6 bln kemudian bayi telah lahir usia -+ 1 bulan ibu mendapatkan TT3, setahun kemudian TT4 dan setahun lagi TT 5.

    3. jika ibu telah mendapatkan TT 2 pada kehamilan pertama dan kehamilan ke 2 masih dalam jangka waktu kurang dari 2 tahun maka tidak perlu diulang, berarti jika lebih dari 2 tahun apakah TT di ulang dari awal lagi?

    4. Terakhir ijinkan saya koreksi sedikit, imunisasi ini apa bukan termasuk imunisasi aktif? imunisasi aktif alamiah didapatkan otomatis setelah sembuh dari penyakit dan imunisasi aktif buatan didapat dari pemberian virus atau jenis lain yang telah dilemahkan. imunisasi pasif alamiah didapat langsung/diturunkan ibu ke anak, imunisasi pasif buatan didapat dengan pemberian serum. siap koreksi kembali jika kurang tepat. trimakasih

    ReplyDelete
  8. trimaksih sebelumnya karena telah bersedia menulis materi ini yang sangat bermanfaat tentunya,
    saya perawat dan saya ingin memperdalam ilmu imunisasi ini,
    Ada beberapa pertanyaan yang akan saya ajukan, saya berharap anda bersedia memberikan jawaban.
    1. apakah tidak ada hubungannya imunisasi dasar yang telah di dapat saat balita sampai anak2 dengan imunisasi pada ibu hamil? bila seorang anak mendapatkan imunisasi TT secara lengkap maka sudah mendapatkan TT lebih dari 5 kali (4 kali dari 0 bln- 3 th dan beberapa kali saat usia sekolah saya belum faham, saya bukan petugas puskes. apa ini tidak ada kalitannya sama sekali, atau bagaimna?

    2. kalau melihat dari uraian di atas, bagaimanakah sebaiknya pemberian TT ini jika ingin mendapatkan kekebalan seumur hidup, mis: seorang ibu mendapat TT pada akhir trimester 1 artinya 4 minggu kemudian mendapatkan TT 2 pada usia kandungan 4 bulan, lalu 6 bln kemudian bayi telah lahir usia -+ 1 bulan ibu mendapatkan TT3, setahun kemudian TT4 dan setahun lagi TT 5.

    3. jika ibu telah mendapatkan TT 2 pada kehamilan pertama dan kehamilan ke 2 masih dalam jangka waktu kurang dari 2 tahun maka tidak perlu diulang, berarti jika lebih dari 2 tahun apakah TT di ulang dari awal lagi?

    4. Terakhir ijinkan saya koreksi sedikit, imunisasi ini apa bukan termasuk imunisasi aktif? imunisasi aktif alamiah didapatkan otomatis setelah sembuh dari penyakit dan imunisasi aktif buatan didapat dari pemberian virus atau jenis lain yang telah dilemahkan. imunisasi pasif alamiah didapat langsung/diturunkan ibu ke anak, imunisasi pasif buatan didapat dengan pemberian serum. siap koreksi kembali jika kurang tepat. trimakasih

    ReplyDelete
  9. maaf mau tanya,
    sebelumnya saya sudah suntik TT1 setelah nikah,bidan menganjurkan dilakukan suntik TT2 saat hamil,usia kandungan brp bln dok untuk TT2.soalnya saya belum suntik TT2 sampai usia kehamilan 5 bln
    apakah masih bisa suntik TT2?
    trima kasih

    ReplyDelete
  10. Saya dapet tt 1 sblum nikah, sekarang ud hamil 35minggu 3hr.. Sampe skrg dokter ga pernah nyinggung buat tt 2..
    Minta solusinya dong enaknya tanya k dokter langsung ato diem? Trs klo ngga tt 2 ada efek buruknya ato ngga? Makasi yaa

    ReplyDelete
  11. Dok saya mau tanyak saya sudah suntik TT sebelum menikah, dan skrg saya hamil anak pertma udah masuk 7 bulan, dan saya kemarin periksa ke dokter ditnyak sudah suntik imunisasi apa blm. Dan sy blg belm. Dan saya dsuntik imunisasi dibagian pinggul sebelah kanan. Dan smpai 3 hari saya ngersain sakit terus2an dok stiap saya jalan enggk pernah enggk sakit. Ini ngersain sakit nya smpai susah jalan dok. Apakah efek nya sperti itu ya dok..

    ReplyDelete